[close]

Kepada Yth,

Ketua DPD/DPW PERHIPTANI Seluruh Indonesia

Mohon kesediaan mengisi DATABASE ANGGOTA PERHIPTANI di wilayahnya, seperti format yang terdapat dalam website

Menu Download - Format isian Database PERHIPTANI

dan dikirim kembali melalui email ke dpp_perhiptani@yahoo.co.id

Terima Kasih

Sekjen

Lamhi Hutauruk

Senin, 07 Oktober 2013 - 15:50:36 WIB
Stop Import Pangan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 5567 kali

Kita harus stop import pangan. Kita gunakan uang  republik yang digunakan untuk  import  menjadi investasi pembangunan pertanian. Jika pada tahun 1984 Indonesia mampu mencapai swsembada beras, tentunya hal itu dapat kita ulangi saat ini.  Demikian  Ketau DPP Perhiptani, Ir. H. Isran Noor, M Si,  menganggapi maraknya import pangan dan produk hortikultura akhir – akhir ini,  sekaligus langkah strategis untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan di Indonesia.  Hal ini disampaikan Isran Noor M Si pada Acara Pengukuhan DPD Perhiptani Kabupaten Magetan yang diselenggarakan pada tanggal 25 September 2013 di Magetan.  Acara ini dihadiri Bupati Magetan,  Drs H Sumantri, MM

Isran Noor mengakui, dalam mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan kita dihadapkan kepada permasalahan atau tantangan, seperti;  berkurangnya luas  lahan produktif , fenomena iklim serta kualitas SDM Pertanian. Lahan-lahan sawah  produktif di pulau Jawa telah banyak berubah fungsi menjadi kawasan industri,  perumahan, jalan. Ekspansi pembukaan lahan diluar Jawa tidak gampang karena  terkedala oleh aturan kehutanan dan kurang subur. Fenomena perubahan iklim  mengacaukan pola tanam dan estimasi produk pertanian. Tingkat kempuan SDM pertanian masih kurang kompetitif untuk melaksanakan usaha tani.

Dalam menwujudkan ketahanaan dan kemandirian pangan, Ketua Umum Perhiptani meminta kepada semua penyuluh anggota PERHIPTANI,  agar berperan aktif sebagai fasilitator memberikan akses teknologi, pengolahan dan pemasaran, edukator dan mitra belajar pelaku utama dan pelaku usaha, advokator  untuk kepentingan petani, serta inspirator, dinamisator dan motivator petani. Kita tunjukkan semangat kerja penyuluh seperti tahun 1984, tegas mantan penyuluh dan  sekarang ini juga  Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)

Pada kesempatan kunjungan di Magetan, Ketua Umum PERHIPTANI  berkesempatan untuk meninjau pameran yang dilaksanakan Perhiptani dan dihadiri pelaku utama dan pelaku usaha tingkat kecamatan di kabupaten Magetan. Beliau memuji produk yang dipamerkan, mulai dari produksi budidaya dan  hasil olahan berbahan baku produk pertanian. Pada saat peninjauan, Ketua Umum menyarankan agar pameran ini bisa diorganisir untuk tampil di tingkat nasional.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)