Kamis, 10 Oktober 2013 - 12:47:05 WIB
PERHIPTANI Untuk Masyarakat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 7717 kali

Perhimpunan Penyuluh Pertanian, disingkat PERHIPTANI adalah organisasi profesi penyuluh. PERHIPTANI didirikan tahun 1987 dengan 3 (tiga) tujuan,  yaitu; (1)  wadah  mengembangkan sistim penyuluhan yang efektif, efisien dan produktif, (2)  wadah penyuluh untuk saling tukar informasi dalam mengembangkan profesionalime,  dan (3)  wadah mengembangkan jiwa korsa dan menyalurkan aspirasi. Keanggotaan Perhiptani dikelompokkan atas 3 (tiga) kelompok, yaitu: (1) Anggota biasa, yaitu penyuluh yang aktif  dalam megembangkan ilmu dan kegiatan penyuluhan, seperti :  penyuluh PNS, swasta, swadaya, pensiunan penyuluh,  dan penyuluh kontrak, (2) Anggota luar biasa, adalah warga negara Indonesia yang berminat dan berperan serta dalam penyuluhan pertanian, dan (3) Anggota Kehormatan, adalah orang yang dipandang berjasa dalam pengembangan ilmu dan kegiatan penyuluhan pertanian dan organisasi PERHIPTANI.

Perhiptani meningkatkan profesionalisme anggota, ditempuh melalui cara-cara, sebagai berikut :

  1.  Kewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan, termasuk memberikan pertimbangan terhadap anggota yang melakukakan pelanggaran kode etik
  2. Memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah  dalam mewujudkan profesionalisme penyuluhan
  3. Meningkatkan mutu, kompetensi dan profesi penyuluh anggotanya melalui metode dan media yang sesuai
  4. Bekerjasama dengan lembaga profesi, melaksanakan sertifikasi profesi bagi penyuluh, sesuai amanat UU No 16 tentang SP3K

Materi diatas adalah rangkuman ringkas materi yang disampaikan Sek-Jen Perhiptani, Ir. Lamhi Hutauruk, MS pada Acara Sarasehan, Pekan Daerah IV Kontak Tani Provinsi Banten pada tanggal 5 Oktober 2013  di Anyer. Acara ini dihadiri lebih dari 1000 orang, yang terdiri dari penyuluh dan Kontak Tani serta undangan lainnya. Selain Sarasehan Peda IV KT diramaikan dengan Pameran yang berlangsung selama 3 hari, tanggal 5 – 8 Oktober 2013.

Menanggapi pertanyaan peserta tentang peran Perhiptani dalam pemberdayaan petani, Ir. Lamhi Hutauruk, MS menjelaskan, PERHIPTANI UNTUK MASYARAKAT. Dengan jumlah anggota 52.000 orang dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia, mulai dari perkotaan sampai pedesaan, anggota PERHIPTANI sudah membina semua lapisan masyarakat dalam berbagai sektor perekonomian, tidak terbatas pada sektor pertanian.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)