[close]

Kepada Yth,

Ketua DPD/DPW PERHIPTANI Seluruh Indonesia

Mohon kesediaan mengisi DATABASE ANGGOTA PERHIPTANI di wilayahnya, seperti format yang terdapat dalam website

Menu Download - Format isian Database PERHIPTANI

dan dikirim kembali melalui email ke dpp_perhiptani@yahoo.co.id

Terima Kasih

Sekjen

Lamhi Hutauruk

Jumat, 20 Desember 2013 - 11:04:40 WIB
Kibarkan Bendera PERHIPTANI Sampai ke Desa dan Kelurahan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 15902 kali

Sabtu, 14 Desember 2013 merupakan hari bersejarah bagi warga Penyuluh Pertanian di Kabupaten Tasikmalaya. Bertempat di RM. Saung Gunung Jati Cibeureum Tasikmalaya, telah dilaksanakan Pengukuhan Pengurus DPD Perhiptani Kebupaten Tasikmalaya masa bakti 2013- 2018, dan dilanjutkan dengan pelepasan 11 orang Penyuluh Pertanian yang memasuki masa purna bakti pada tahun 2013.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 320 orang anggota dan para tamu undangan lainnya. Dari unsur Dinas hadir; Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, dan Kepala Bagian Ketahanan Pangan Kabupaten Tasikmalaya. Dari Unsur Perhiptani hadir Sekretaris Jenderal DPP, serta dari DPW, hadir 4 orang termasuk Ketua Ir Arifin Mukhtar M Si,  dan Seretaris DPW. Unsur petani hadir  Ketua dan beberapa pengurus KTNA. Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Ikatan Penyuluh Perikanan (IPKANI) Kabupaten Tasikmalaya, Ketua IPK (Ikatan Penyuluh Kehutanan) Kabupaten Tasikmalaya serta wakil Penyuluh dari Kota Tasikmalaya

Acara tersebut, dimulai dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Penyuluh, dan Mengheningkan Cipta. Meski bertempat di ruangan terbuka dan dihadiri peserta yang  banyak, acara Pengukuhan yang dilaksanakan oleh Ketua DPW Jawa Barat, Ir Arifin  itu berlangsung khidmat,  dikarenakan acara  itu menyentuh nurani peserta yang hadir.

Dalam pidato pengukuhannya, Ketua DPD Perhiptani Tasikmalaya yang baru dikukuhkan, Odik Setia Sukmana, SP., MP, mengatakan bahwa Pengukuhan Pengurus Perhiptani DPD Tasikmalaya memiliki makna yang sangat strategis baik secara nasional maupun regional.  Secara nasional dihadapkan pada upaya untuk mensukseskan surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014 yang hanya tinggal dalam hitungan hari lagi, sementara secara regional Perhiptani  memiliki kewajiban untuk   mensukseskan program Gerbang Desa (Gerakan Membangun Desa) terutama dalam mewujudkan buruh tani dan  petani yang lebih sejahtera.

Odik Setia Sukmana selanjutnya mengatakan bahwa salah satu PR yang sangat mendesak untuk kepengurusan sekarang antara lain mendorong terbentuknya Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Tasikmalaya sesuai dengan amanat Undang- undang No. 16 Tahun 2006 tentang SP3K. Selain itu juga mengajak seluruh anggota untuk kembali merapatkan barisan , meningktakan jiwa korsa penyuluh, dan menghilangkan dikotomi antara penyuluh PNS, THL dan Penyuluh Swadaya, serta menjadikan Perhiptani sebagai wadah perjuangan bersama.

Sekjen DPP Perhiptani Ir. Lamhi Hutauruk, MS. dalam sambutan tertulisnya menyampaikan tentang keanggotaan perhiptani yang terdiri anggota biasa (Penyuluh PNS, Swasta, swadaya, Kontrak/THL dan pensiunan penyuluh), anggota luar biasa dan anggota kehormatan.  Selanjutnya Sekjen DPP menyampaikan beberapa program utama DPP Perhiptani antara lain;  Pembangunan Graha Perhiptani, dan Pemutahiran Data Base Anggota. “ Untuk mewujudkan Graha tersebut dananya bersumber dari saham para anggota sebesar Rp 150.000/anggota dan dikirim melalui rekening Perhiptani.  Tentang data base, Sekjen menegaskan ”Omong kosong suatu organisasi jika tidak ditunjang dengan data base keanggotaan yang baik ”

Diakhir sambutannya, Sekjen DPP Perhiptani mengajak semua stake holders khususnya jajaran DPD yang baru dikukuhkan untuk terus berupaya membesarkan Perhiptani sehingga seluruh anggota dan masyarakat mengetahui dan  merasakan manfa’a dari keberadaan  Perhiptani. Sekjen juga menekankan kepada jajaran DPD untuk  memanfaatkan Website perhiptani secara optimal untuk melaporkan berbagai peristiwa dan kegiatan Perhiptani di daerah. Sebelum menutup sambutannya, Sekjen DPP  mengajak semua hadirin untuk meneriakan yel-yel Perhiptani “ Penyuluh Maju…….Perhiptani Jaya !!!”

Menanggapi pidato pengukuhan Ketua DPD baru, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya menyatakan dukungannya dan mengajak kepada Dinas terkait untuk duduk bersama dalam upaya mendukung terwujudnya kelembagaan Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Tasikmalaya, dan akan segera menyampaikannya kepada Bupati tentang keberadan DPD Perhiptani dan Program DPP Perhiptani.  Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan mengajak kepada jajaran DPD untuk “mengibarkan” bendera  Perhiptani di Kabupaten Tasikmalaya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil para penyuluh yang memasuki masa purna bakti dan pemberian cinderamata dari para penyuluh, termasuk dari KTNA dan IPKANI Kabupaten Tasikmalaya, dan diakhiri dengan hiburan. (Odik S.Sukmana)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)