Jumat, 20 Desember 2013 - 11:23:50 WIB
Tingkatkan Kinerja Penyuluh Untuk Tidak Dipensiunkan Pada Usia 56 Tahun
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 6296 kali

Bupati Kabupaten Rejang Lebong yang dibacakan Wakil Bupati Syafewi, S Pd, MM,  mengatakan, peran penyuluh sangat penting dalam membimbing petani agar mampu berpartisipasi dalam memanfaatkan bantuan pemerintah daerah kepada petani. Bimbingan ini dilaksanakan secara perorangan, di kelompok tani dan gabungan kelompok tani.  Untuk maksud itu,  Bupati mengharapkan,   penyuluh bekerja sebaik-baiknya dan bekerja keras tanpa pamrih. Penyuluh jangan  cepat puas dengan keberhasilan yang dicapai, karena masih dituntut tugas untuk mensukseskan Program Surplus Beras 10 Juta Ton. Lebih lanjut,  Pada saat kunjungan di kediamannya, Bupati Rejang Lebong, Suherman, SE, MM mengarahkan agar penyuluh meningkatkan kinerjanya.  Balai Penyuluhan harus dirawat dan dimanfaatkan sebagai lembaga penyuluhan. Tanaman penyuluh harus lebih baik dari tanaman petani. Penyuluh harus dikenal petani dan masyarakat. Kalau kinerja penyuluh baik, Bupati tidak akan mempensiunkan pada usia 56 tahun. 

Pernyataan diatas disampaikan Bupati dalam Sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati pada Acara Pengukuhan Pengurus DPD Perhiptani Rejang Lebong  masa bakti 2013 – 2018,  hari Rabu, 18 Desember 2013 bertempat di  BLKM Curup Kabupaten Rejang Lebong. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 120 orang anggota dan  tamu undangan lainnya. Dari unsur SKPD hadir; Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Pengkulu, Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian Provinsi Bengkulu. Dari unsur Perhiptani hadir; Sekretaris Jenderal DPP, Ketua DPW Perhiptani Prov. Bengkulu dan 8 orang Ketua DPD di wilayah provinsi Bengkulu. Dan yang lebih menarik lagi, hadir dan memberikan materi Ketua Komisi II  DPRD provinsi Bengkulu.

Acara tersebut, dimulai dengan  Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Padamu Negri dan dilanjutkan dengan kegiatan Pengukuhan dan Workshop Peningkatan Konpetensi Penyuluh Pertanian. Pada Acara Workshop disajikan materi  secara panel oleh narasumber yang kompeten. Materi dan narasumber dimaksud,  adalah: (1) Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian oleh Ir. Lamhi Hutauruk MS, (2) Dukungan Kebijakan dalam Peningkatan Profesi Penyuluh, oleh Lukman SP, (3) Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penguatan Kapasitas Penyuluh oleh Ir. Elman Faluti, SP (4) Kita-Kiat untuk Sertifikasi Penyuluh oleh Ir Sri Suryani Rambe, M Agr, dan (5) Pengalaman Mengikuti Sertifikasi oleh Ir Roswendi MP.  

Dalam sambutan Sekjen DPP Perhiptani Ir. Lamhi Hutauruk, MS. menyampaikan program utama DPP Perhiptani, antara lain; Pembangunan Graha Perhiptani, dan Pemutahiran Data Base Anggota. “ Menurut Sekjen, manfaat Graha adalah wujud jiwa korsa penyuluh. Graha akan digunakan untuk kantor Perhiptani, tempat promosi produk unggulan spesifik daerah dan akomodasi bila penyuluh bertugas ke Jakarta. Untuk mewujudkan Graha tersebut dananya bersumber dari saham para anggota sebesar Rp 150.000/anggota dan dikirim melalui rekening Perhiptani. Tentang data base, Sekjen menegaskan ”Omong kosong suatu organisasi jika tidak ditunjang dengan data base keanggotaan yang baik ”. Data sangat yang akurat, terkini dan memadai sangat diperlukan untuk perencanaan Perhiptani yang tepat. Kepada DPD dan anggota, Sekjen mengajak untuk  memanfaatkan secara optimal Website Perhiptani  untuk melaporkan berbagai peristiwa dan kegiatan Perhiptani di daerah di Bengkulu.

Diakhir sambutannya, Sekjen DPP Perhiptani menyampaikan terima kasih kepada pengurus yang lama yang telah berjuang membesarkan Perhiptani.  Kepada jajaran DPD yang baru dikukuhkan, Setjen berpesan agar terus berupaya membesarkan Perhiptani sehingga seluruh anggota dan masyarakat mengetahui dan  merasakan manfa’at dari keberadaan  Perhiptani. Sekjen DPP  mengajak semua hadirin untuk meneriakan yel-yel Perhiptani “ Penyuluh Maju…….Perhiptani Jaya !!!”




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)