Jumat, 06 Oktober 2017 - 11:13:45 WIB
TEMU KOORDINASI DPW PERHIPTANI PROVINSI BENGKULU
Diposting oleh : Administrator
Kategori: GEMPITA Sinar Tani - Dibaca: 1261 kali

TEMU KOORDINASI DPW PERHIPTANI PROVINSI BENGKULU

 

Pada tanggal 26 September 2017 bertempat di The Madelin Hotel, Bengkulu diselenggarakan Temu  Koordinasi DPW PERHIPTANI Provinsi Bengkulu . Acara dihadiri 40 orang peserta yang terdiri dari Ketua DPW, DPD se-Provinsi Bengkulu, KTNA Seluruh Kabupaten di Bengkulu dan Kepala Dinas yang menangani penyuluhan di Provinsi Bengkulu.

Narasumber pada Acara ini adalah Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, DPP PERHIPTANI, Kepala Biro Perekonomian dan SDA Provinsi Bengkulu serta Kepala Biro Administrasi/Ortala Provinsi Bengkulu.

Acara Temu Koordinasi yang dibiaya oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu bertujuan untuk mengkordinasikan Pelaksanaan program Pembangunan Pertanian di Provinsi Bengkulu Tahun berjalan dan  Tahun 2018 .

Dari Rapat dan diskusi selama Acara berlangsung, dirumuskan beberapa hal penting sebagai berikut :

  1. Sesuai dengan UU No. 16 Tahun 2006 Tentang SP3K, Penyuluhan itu adalah Pemberdayaan bukan fungsi Manajemen. Pemberdayaan berarti Pendidikan Non Formal secara sadar dan terencana  yang berdasarkan Kurikulum, Target Grup  yaitu petani, pelatih/pendamping, serta materi dan metodologi.
  2. Bagi penyuluh THL-TBPP yang diatas usia 35 Tahun akan dipertimbangkan untuk diangkat menjadi P3K berdasarkan Peraturan Pemerintah turunan dari UU No 5 Tentang ASN. PP nya sedang dibahas
  3. Setelah Lembaga Penyuluhan ditingkat Provinsi dan Kabupaten dilebur, Pemerintah Provinsi Bengkulu dan PERHIPTANI tetap berjuang untuk didirikannya UPT Penyuluhan ditingkat Provinsi dan Kabupaten
  4. Fokus pengembangan penyuluhan saat ini di Provinsi Bengkulu adalah pemantapan fungsi BPP sehingga baik Dinas, Penyuluh dan Kontak Tani diharapkan bersinergi untuk memantapkan fungsi tersebut dan meningkatkan Komoditi Andalan Bengkulu seperti; Kopi, buah-buahan; seperti manggis, mangga, pisang.  
  5. Di era globalisasi saat ini profesionalisme menjadi kebutuhan mendesak bagi semua penyuluh pertanian. Dalam merealisasikan profesionalisme ini maka organisasi profesi penyuluh pertanian PERHIPTANI penting di kembangkan di semua tingkatan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi, serta Pusat. Dalam Jangka Pendek, PERHIPTANI  Bengkulu fokus pada pengembangan identitas organisasi seperti; Database, Kartu Anggota, Seragam.

 

Lamhi Hutauruk

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)