[close]

Kepada Yth,

Ketua DPD/DPW PERHIPTANI Seluruh Indonesia

Mohon kesediaan mengisi DATABASE ANGGOTA PERHIPTANI di wilayahnya, seperti format yang terdapat dalam website

Menu Download - Format isian Database PERHIPTANI

dan dikirim kembali melalui email ke dpp_perhiptani@yahoo.co.id

Terima Kasih

Sekjen

Lamhi Hutauruk

Senin, 02 April 2018 - 12:09:11 WIB
PENGUKUHAN DAN RAKERNAS PERHIPTANI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 3269 kali

Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI)  menyelenggarakan Acara Pengukuhan Pengurus DPP PERHIPTANI Periode 2017 – 2022 dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional pada Tanggal 26 – 27  Februari 2018 bertempat di Aula Gedung D, Kementerian Pertanian. Tema pada Acara ini adalah “Kita Tingkatkan Profesionalisme Penyuluh Dalam Rangka Pencapaian Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045 Melalui Penyuluhan Berbasis BPP”.

Pengukuhan merupakan tindak lanjut Amanat Kongres PERHIPTANI yang dilaksanakan pada Tanggal 07 Mei 2017 bertempat di Banda Aceh. Sementara Rapat Kerja Nasional bertujuan untuk merumuskan Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Kerja 5 Tahun Periode 2017 – 2022.

Acara ini dihadiri oleh 323 peserta yang berasal dari DPW dan DPD PERHIPTANI seluruh Indonesia. Acara ini juga dihadiri; Kementerian Pertanian, Kementerian Perikanan, Organisasi Profesi.

Acara Pengukuhan dan RAKERNAS berlangsung dengan baik,  diawali dengan Rembug Penyuluh pada Tanggal 26 Februari 2018 malam di LPMP. Rembug penyuluh bertujuan untuk menampung aspirasi dan informasi dari PERHIPTANI tingkat Wilayah dan juga tingkat Daerah tentang program pembangunan pertanian, khususnya penyuluhan.

Rapat Kerja Nasional PERHIPTANI berhasil merumuskan program kegiatan PERHIPTANI Periode 2017 – 2022 dengan mempertimbangkan hasil dan masukan dari  Rembug Penyuluh, arahan Ketua Umum dan arahan Kementerian Pertanian.

Ketua Umum DPP PERHIPTANI Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si, dalam Pidato Sambutannya mengakui bahwa pada daerah – daerah tertentu, pasca diterbitkannya UU No. 23 Tahun 2014 atau dilikuidasi Lembaga penyuluhan, maka pembinaan penyuluh kepada petani kurang intensif. Kenyataan di beberapa daerah,  bahwa fungsi penyuluhan yang awalnya dilaksanakan Eselon II maka pada saat ini  dilaksanakan oleh Eselon IV atau sama sekali tidak ada yang menangani .

Diakui oleh Ketua Umum, kehadiran PERHIPTANI sangat penting untuk menjembatani persoalan penyuluhan saat ini.  Hal ini terbukti dari banyaknya Kepala Daerah seperti Bupati, Kepala Dinas dan DPR yang mengabdi menjadi Ketua PERHIPTANI untuk memajukan penyuluhan didaerahnya.

Ketua Umum juga berpesan kepada PERHIPTANI di seluruh Indonesia untuk berpegang teguh kepada etika organisasi,  berjuang dengan ketulusan untuk mencapai tujuan pembangunan masyarakat pedesaan terutama masyarakat kalangan bawah.

Kementerian Pertanian yang di wakili oleh Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dr. Surachman Suwardi dalam Sambutannya menyampaikan Target Program Pembangunan Pertanian Tahun 2018, yaitu; Padi  naik 2,82 % dari Tahun 2017, Jagung naik 8,30 %, dan Kedelai naik 141,67%.

Sekretaris Badan yakin dengan kehadiran PERHIPTANI sebagai mitra Kementerian Pertanian yakin target tersebut akan tercapai, karena PERHIPTANI beranggotakan penyuluh yang mampu meyakinkan petani untuk menerima target program tersebut dan  mampu melakukan pemberdayaan melalui kelompok untuk mencapai target – target produksinya  secara optimal.

Untuk menambah wawasan peserta tentang Penyuluhan, pada saat Acara disampaikan Materi Pembekalan tentang Kelembagaan oleh Dr. Makmur Marbun dari Departemen Dalam Negeri dan Ketenagaan Penyuluhan Pertanian  oleh Dr. Ir. Siti Munifah, dari Kementerian Pertanian.

Dari RAKERNAS PERHIPTANI yang berlangsung selama 2 (dua) hari, Tanggal 26 – 27 Februari 2018,  telah disepakati dan dirumuskan Program Kerja DPP PERHIPTANI Periode Tahun 2017 – 2022 mencakup 4 Program yaitu:

  1. Penguatan kapasitas organisasi berbasis akuntabilitas;
  2. Penguatan kerja sama dan jejaring komunikasi berbasis media cetak, dan elektronik;
  3. Penguatan kelembagaan, ketenagaan, dan advokasi penyuluhan pertanian;
  4. Menumbuh kembangkan usaha dan jasa PERHIPTANI

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)