Jumat, 04 Mei 2018 - 13:18:01 WIB
PENTAHELIX PASCA UU NO. 23 TAHUN 2014
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 411 kali

Perubahan lingkungan strategis dalam dunia penyuluhan,  dengan diberlakukannya UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, menuntut penyuluhan tetap professional, dengan  mengacu kepada  Falsafah Dasar Penyuluhan Pertanian.  Profesionalisme penyuluhan ditempuh dengan mengembangkan kerjasama dan jejaring komunikasi antar Lembaga Pemerintah, Swasta, Masyarakat/Petani, dan Lembaga  Profesi (Pentahelix).

PERHIPTANI sebagai Lembaga Organisasi Profesi Penyuluh, berperan dalam  pengembangan penyelenggaraan Penyuluhan, khususnya ketenagaan dengan memberikan masukan, dan rekomendasi dan strategi, mediasi serta advokasi kepada Pemerintah. Disamping itu, sesuai dengan tujuan organisasi PERHIPTANI,  penting memperkuat profesionalisme penyuluhan dan mengawal kualitas penyelenggaran penyuluhan.

Ditengah keterbatasan jumlah penyuluh ASN sebagai akibat memasuki masa pensiun, potensi dan peluang penyuluh swasta dan penyuluh swadaya  adalah salah satu alternatif. Dalam hal ini, PERHIPTANI perlu hadir untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme agar mampu berpartisipasi aktif dalam melaksanakan tugas penyuluh seperti Persiapan Penyuluhan, Pelaksanaan Penyuluhan, Evaluasi Penyuluhan, dan Pengembangan Penyuluhan.  Regulasi penyuluh swadaya dan swasta dalam dunia penyuluhan penting didorong oleh PERHIPTANI kepada Pemerintah untuk menjamin keberadaan mereka.

Materi diatas merupakan Rangkuman Materi yang disampaikan oleh DPP PERHIPTANI pada saat Diklat Dasar bagi 37 penyuluh Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pada Tanggal  28 April 2018  di Bapeltan Samarinda./Lamhi




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)