Senin, 28 Mei 2018 - 15:04:04 WIB
PENYULUH MESIN PENGGERAK PEMBANGUNAN PERTANIAN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 1224 kali

Wakil Bupati Kab.Mahakam Ulu dalam Sambutan pada Acara Pengukuhan Pengurus DPD PERHIPTANI Kab. Mahakam Ulu sekaligus membuka Acara Temu Teknis Penyuluh Pertanian pada Tanggal 23 – 24 Mei 2018 bertempat di Balai Rumah Adat Ujoh Bilang menyampaikan pesan – pesan kepada Penyuluh, beberapa Kutipan Sambutan sebagai berikut:

Menggerakkan sektor pertanian sangat mudah karena semua sudah tersedia, yaitu: didukung oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Kampung, serta PERHIPTANI. Permasalahannya adalah mesin penggeraknya, yaitu para penyuluh harus benar – benar bergerak dan berpikir maju dalam memajukan petani di Mahakam Ulu (Mahulu).

Seorang Penyuluh harus menghayati petani. Menghayati petani diperoleh apabila seorang Penyuluh melaksanakan kegiatan pertanian mulai dari Hulu, Budidaya, dan Hilir (Pengolahan dan Pemasaran). Praktekkan dan manfaatkan lahan yang ada, guna memberikan contoh bagi para petani. Penyuluh harus mengaplikasikan dan mengabdikan dirinya menjadi seorang petani, dan memberi contoh kepada masyarakat.

Wakil Bupati Kab Mahulu mengimbau agar para penyuluh bekerja sama dengan Aparat Kampung. Sebab, sudah tersedia data potensi masing – masing  Kampung, seperti potensi lahan yang dapat dimanfaatkan menjadi lahan pertanian. Apabila sudah tersedia potensi lahan, selanjutnya dibentuk Kelompok Tani, lalu duduk bersama dengan Aparat Kampung untuk membicarakan komoditas apa yang cocok dan paling produktif serta menguntungkan.

Wakil Bupati Mahulu menjelaskan pada Tahun 2018 di Kabupaten Mahulu terdapat kurang lebih 33.000 jiwa penduduk. Dari jumlah tersebut, terdapat sekitar 11.000 (37%) jiwa adalah petani. Jumlah Kelompok Tani (Poktan) yang sudah tumbuh 210 unit. Apabila rata – rata 25 orang petani bergabung dalam Poktan, jumlah petani dalam Poktan baru  6.250 petani (43%). Ini berarti masih ada 57% yang belum bergabung dalam Poktan, sehingga penting ditumbuhkan Kelompok Tani./Sarifudin

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)