Selasa, 15 Januari 2019 - 13:59:59 WIB
PERBANYAKAN BIBIT DENGAN IN VITRO
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 5544 kali

Tiga (3) Pilar Isu Global saat  ini dan sekaligus warming,  adalah Food (makanan), Energy (Energi), dan Water  (Air) disingkat dengan FEW.

Isu ini menjadi pertimbangan dalam memilih komoditi pertanian dan kehutanan di masa yang akan datang, sehingga dapat memecahkan persoalan makanan, energi dan air.

Pengembangan Tanaman Sukun (Artocarpus comunis)  menjadi salah satu alternatif yang dapat memecahkan persoalan Isu global tersebut. Buah Sukun menjadi sumber makanan berupa makanan segar dan Tepung. Batang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Kayu dan Daun dapat digunakan untuk Pupuk. Tanaman Sukun yang tinggi,  besar, dan rindang  dapat menjaga kelestarian alam, sekaligus menjaga keseimbangan air dalam tanah.

Perbanyakan Tanaman Sukun dapat dilaksanakan dengan cara Vegetatif dan Generatif. Selain itu, perbanyakan bibit Sukun dapat dilaksanakan dengan Kultur Jaringan (In Vitro).

Untuk mendalami perbanyakan secara In Vitro, PERHIPTANI Ir. Lamhi Hutauruk, MS, melaksanakan Kunjungan Konsultasi dan meninjau Kapasitas Perbanyakan secara Kultur Jaringan  di Laboratorium Balai Bioteknologi Kultur Jaringan, di Cimanggu, Bogor pada Tanggal 11 Januari 2019.

Dari hasil kunjungan diperoleh Informasi dari Ibu Dr. Ika Roostika, M.Si, dan Yati Supriati, bahwa Balai Bioteknologi Kultur Jaringan telah punya pengalaman dalam memperbanyak Bibit untuk keperluan Bibit Tanaman Sukun di Kepulauan Seribu./"Erna"




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)