Rabu, 20 Februari 2019 - 16:03:42 WIB
FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PERHIPTANI TENTANG K2
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 11990 kali

Kementerian Pertanian telah merumuskan visi Pembangunan, yaitu Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045”. Salah satu upaya untuk mecapai visi tersebut, adalah tersedianya SDM Pertanian, khususnya Penyuluh yang profesional.

Tantangan yang dihadapi untuk mencapai visi tersebut dari segi SDM adalah kekurangan jumlah Penyuluh. Data saat ini menunjukkan, lebih dari 72.000 desa di Indonesia, merupakan desa  potensial sumber Pangan. Artinya, diperlukan 72.000 penyuluh. . Saat ini, penyuluh yang tersedia berjumlah 31.000 yang terdiri dari; PNS aktif, dan tambahan penyuluh yang berasal dari Penyuluh PNS yang baru dan THL yang diangkat P3K. Hal ini berarti diperlukan tambahan Penyuluh sebanyak 41.000 orang penyuluh.

Salah satu opsi yang diharapkan mampu untuk memenuhi kekurangan penyuluh adalah melalui Pengangkatan Penyuluh K2 menjadi Penyuluh tetap. Penyuluh K2 adalah Penyuluh diangkat Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten. Dalam rangka mengangkat penyuluh K2 untuk menjadi penyuluh tetap, diperlukan langkah – langkah inventarisasi jumlah dan kualifikasi penyuluh K2 yang tersebar di seluruh Indonesia, dan perjuangan PERHIPTANI bersama Instansi terkait.

Salah satu langkah awal Perjuangan yang ditempuh PERHIPTANI adalah melalui pelaksanaan FGD PERHIPTANI tentang K2 dengan mengundang Stakeholders terkait. Konsep FGD ini didiskusikan DPP PERHIPTANI dan DPW PERHIPTANI Prov. Jawa Barat dan beberapa orang Penyuluh K2 di Jawa Barat pada Tanggal 19 Februari 2019 di Ruang Rapat DPP PERHIPTANI./Erna




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)