Selasa, 09 April 2019 - 12:40:35 WIB
SUDIQ, SP, PENYULUH DAN PENANGKAR
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 2960 kali

Sudiq, SP, Penyuluh Pertanian Kab. Kutai Kartanegara  Prov. Kalimantan Timur, sekaligus Koordinator  BPP Kecamatan  Loa Janan,  berhasil menjadi Penangkar Bibit Buah – Buahan Bermutu untuk kebutuhan masyarakat di Prov. Kalimantan Timur, seperti bibit Jeruk.

Pembibitan secara komersil dimulai  sejak Tahun 2009, bertempat di Desa Purwajaya Kec. Loa Janan Kab. Kukar. Prov. Kalimantan Timur, dengan cara Okulasi. Keahlian Pembibitan di dapat Sudiq sewaktu Sekolah dan Kuliah di Universitas Kutai Kartanegara (UNIKARTA), ditambah dengan pengalaman selama bertugas sebagai Penyuluh Pertanian.

Pembibitan dilaksanakan di kebun sendiri dengan Luas Lahan 1 ½ Ha. Untuk ekspansi dan diseminasi,  Sudiq, SP membentuk Kelompok Penangkar yang bernama Tunas Harapan dengan jumlah anggota 15 orang. Dengan kelompok, Sudiq, SP, mempermudah penumbuhan, dan pembinaan Kelompok dalam teknis penangkaran dan organisasi pemasaran.  Kelompok Penangkar ini dibina secara intensif untuk mempertahankan Kompetensi, penyediaan bibit, dan Mutu bibit yang dihasilkan.

Sudiq mengatakan, Tahun 2018 telah berhasil mendistribusikan sebanyak 20.000 bibit dan untuk Tahun 2019 ditargetkan sekitar 40.000 bibit. Harga setiap bibit senilai Rp. 15.000 di tempat Penangkar Tunas Harapan. Dengan terbentuknya Kelompok ini, Sudiqq, SP, dan anggota Penangkar mengakui mendapatkan keuntungan dari hasil usaha yang mampu meningkatkan kesejahteraan.

Dampak lain terhadap masyarakat, Kelompok ini menjadi tempat Praktek bagi Siswa dan tempat belajar dan kunjungan bagi petani pada saat Studi Banding. Disamping itu, Pemerintah Daerah merasa terbantu dengan berkembangnya Penangkar  Bibit di Kalimantan Timur, untuk menyiapkan Bibit yang bermutu bagi masyarakat./”Lamhi




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)